Manipulasi merupakan tindakan mengubah data yang sebenarnya menjadi sebuah data palsu. Tujuannya biasanya agar data signifikan atau memenuhi uji asumsi klasik ataupun agar memenuhi validitas dan reliabilitas.
Manipulasi data umumnya dilakukan pada data-data yang bersumber dari kuesioner. Why ????? karena kebanyakan data yang diperoleh dari hasil kuesioner hasilnya tidak memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Disinilah praktek manipulasi data terjadi..
Mengapa manipulasi data umumnya dilakukan pada data-data kuesioner bukan pada data-data keuangan???
Karena data kuesioner merupakan data yang berbeda-beda diperoleh oleh tiap peneliti dikarenakan berbedanya respondennya. Hasil jawaban kuesioner pada umumnya tidak dipertanggungjawabkan keberadaannya pada saat seseorang ujian sarjana/thesis/dhisertasi karena pada saat pengujian data kuesiner tidak diminta dan kalaupun diminta data kuesioner kevalid-annya apakah diisi oleh benar-benar responden atau diisi oleh sang peneliti sendiri tidak dapat diungkap.
Pada data keuangan sangat sulit melakukan manipulasi dikarenakan setiap angka-angka yang diperoleh adanya pertangungjawabanya..darimana?????????data-data yang berupa angka-angka tersebut dapat diperoleh dari perhitungan data-data dari yang disajikan dalam laporan keuangan. Angka 7 tidak akan dapat kita hasilkan bila bukti nyatanya 15/3 =5 bukanlah 7.
Walau bagaimanapun yang namanya manipulasi tidak disarankan dalam penelitian karena bersifat ILEGAL. Ya akan tetapi jika sudah mepet ya mau tidak mau ya dilakukan juga..hehehe
(NB : Hasil penelitian hendaknya jujur merupakan hasil perolehan kita dilapangan/perhitungan bukan hasil manipulasi. Karena tujuan dari penelitian adalah untuk mencari apakah ada yang signifikan atau tidak, bukan mencari cara bagaimana agar data harus signifikan. Toh kalo memang data anda tidak signifikan 1 variabelpun, toh itu merupakan hasil penelitian anda. So jangan takut mempertanggungjawabkannya di sidang alias ujian akhir..kejujuran memang ma
Diposting oleh manse

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum.